Sabtu, 09 Februari 2019

Ingin Jadi Food Blogger? Jangan Lupakan Ini Dulu, Baca Tipsnya!

Food blogger adalah salah satu seorang pembuat konten di bidang makanan. Hidupnya blog di bidang makanan ini dikarenakan perilaku para konsumen kuliner yang kerap mencari tahu review dari berbagai macam kuliner tempat dimana-mana. Jadi, bisa dibilang bila konten ini cukup menarik untuk dicoba! Penasaran seperti apa tipsnya?

Tips Menjadi Food Blogger Berawal dari Nol
Di bawah ini adalah beberapa tips khusus bila Anda ingin menjadi seorang food blogger yang berawal dari nol hingga menjadi sukses, antara lain:
Riset Dulu
Sebelum menciptakan kontennya, jangan lupa lakukan riset dulu. Pertama, tentukan dulu sub niche yang sesuai dengan Anda. Misalnya saja, seperti review makanan, resep, review restaurant, dll. Setelah itu, temukan keunikan dari masing-masing konten yang akan Anda tampilkan. Sehingga, Anda bisa menciptakan blog kuliner yang berbeda dan unik dari yang lainnya.
Baca Juga: Cara Membangun Blog untuk Pemula dari Nol Ini Bisa Menghasilkan 100$, Kok Bisa?
Bagaimanapun juga, blog yang unik dan berbeda lebih disukai semua orang dan dapat bertahan lama dibandingkan blog yang biasa saja dan sudah umum. Jadi, buat branding yang kuat agar konten Anda mudah diingat semua orang.
Buat Blog yang Profesional
Bila Anda ingin sukses dari konten ini, sebaiknya ciptakan blog yang profesional. Yaitu, pilih saja platform yang terbaik. Misalnya saja, seperti blogger, wordpress, dan Wix. Setelah itu, pilih saja domain yang unik. Karena domain ini nanti akan menjadi identitas Anda dalam berkiprah di dunia maya untuk mengantar semua orang menuju ke blog Anda.
Sebaiknya, pilih saja nama domain yang singkat dan mudah diingat ataupun dieja. Sehingga, semua orang lebih mudah untuk mengetik nama domain Anda. Kemudian, jangan lupa pilih web hosting yang bisa dipercaya dan sesuaikan temanya dengan niche kuliner Anda. Kemudian, jangan lupa install pluginnya agar tampilannya makin maksimal.
Buat Konten yang Totalitas!
Salah satu hal terpenting dari sebuah blog adalah konten. Konten itu sendiri tak harus sebuah artikel. Anda bisa membuat konten dari video, infografik, foto, ilustrasi, dan podcast. Mulailah dengan cara membuat jadwal konten yang ringan agar Anda merasa tidak terbebani. Bisa dengan mengupload setiap 1 minggu sekali atau bahkan 2 minggu sekali. Yang penting harus rutin.
Ada 2 hal yang wajib diperhatikan disini. Yaitu harus original dan fotonya harus dicantumkan! Jangan pernah menjiplak dari blog lain, karena itu bisa membuat kualitas blog Anda langsung menurun dan terdeteksi bahwa Anda telah memplagiat milik orang lain. Tapi sebelum itu, jangan lupa riset keyword dulu agar hasilnya lebih memuaskan.
Promosikan Konten Anda!
Setelah selesai membuat konten, tugas Anda adalah mempromosikan konten Anda supaya dibaca semua orang. Misalnya saja di media sosial, dll. namun sebelum itu, optimasi SEO blog Anda dulu. Sehingga, saat ada yang mencari key word tertentu yang ada kaitannya dengan kuliner, blog Anda bisa langsung masuk ke dalam laman pencarian.
Buat Guest Posting
Tidak ada salahnya untuk membuat guest posting. Yaitu, meulis artikel dan diterbitkan ke web orang lain. Umumnya, guest posting yang telah diterbitkan ke situs orang itu jauh lebih populer dibandingkan blog penulis pribadi. karena tujuannya adalah sebagai publikasi. Jadi, cobalah bekerja sama dengan blog kuliner yang sudah terkenal, media online, dan juga bekerja sama dengan food blogger yang lain.
Bangun Relasi dengan Food Blogger yang Lain
Dalam dunia blogging itu, yang terpenting adalah relasi sesama blogger dalam 1 niche yang sama. jadi, bangun relasi yang kuat agar Anda tak pernah ketinggalan update info yang terbaru seputar perkembangan dunia kuliner.
Kirim Email Marketing
Bila Anda sudah berhasil mengumpulkan subscriber yang banyak diblog Anda, cobalah mengirim email marketing yang isinya artikel yang terbaru untuk semua subscriber Anda. Agar pembaca setia Anda tak pernah ketinggalan konten yang terbaru dari Anda.
Kesimpulan
Sebenarnya mengelola blog apapun niche-nya, dasarnya adalah sama. Yaitu, harus ada niat dan juga kerja keras. Disamping itu, Anda juga membutuhkan kreativitas yang tinggi untuk menciptakan konten yang unik dan original. Dengan begitu, ini akan membuat orang-orang lebih mudah mengingat Anda menjadi seorang food blogger kreatif. Selamat mencoba!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.Siap melayani anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa kami 24/7.
Hubungi Kami